Featured Posts

Selasa, 21 September 2010

Firefox, Dipercaya Karena Kecepatannya (beta 4)


Salah satu alasan utama saya merubah browser dari Internet Explorer ke Firefox adalah kecepatannya. Ini tentu akan menimbulkan berbagai macam pendapat. Selera orang sih memang berbeda-beda. Termasuk dalam hal memilih aplikasi kesayangan yang sering digunakan. Bagi saya mempercayakan Firefox sebagai Browser kesayangan memang tidak salah. Selain kecepatan dan kemudahan dalam menggunakannya, Firefox juga terus mengembangkan versi terbarunya guna memberikan layanan kepuasan yang maksimal oleh penggunanya.

Nah,... Akhirnya Mozilla meluncurkan versi tebaru dari Firefox kesayangannya. Rilis beta dari browser kesayangan Firefox 4 sudah hadir dan bisa didownload mulai 24 Agustus lalu. Saya yang baru tahu hari ini karena beberapa hari kemarin dapat tugas dari kantor seabrek dan hampir tidak bisa Internetan, langsung mengunduh rilis beta ini dan menginstallnya.

Walhasil setelah selesai diinstall, penampakan baru dari firefox pun muncul, sangat beda dari versi sebelumnya. Kalau dilihat-lihat sangat mirip dengan desain Opera versi teranyar. Tampilan yang cukup menghemat space di layar (karena berkurangnya menu bar), sehingga space untuk browsing terlihat sedikit lebih lega. Menu utama akan tampil saat klik tombol bertulis Firefox di pojok kiri atas (sangat mirip Opera). Masalah akselerasi saya rasakan juga lebih cepat.


Selain hal-hal di atas, beberapa hal yang berubah dari versi sebelumnya antara lain :

1. Layar Add-on yang tampil sebagai tab baru, berbeda dengan versi sebelumnya yang menampilkan di kotak dialog baru.
2. Firefox sync yang langsung terintegrasi, tanpa instalasi Add-on seperti versi sebelumnya. Ini semakin menegaskan firefox yang “mencontek” Opera.
3. Candy tab yang memungkinkan melakukan grouping pada tab-tab yang dibuka
4. Switch antar tab melalui Address bar
5. Animasi loading saat mengakses suatu halaman (meskipun ini hal kecil tapi cukup membuat perbedaan dari versi sebelumnya, karena terlihat lebih bagus menurut saya)
6. dan sebagainya (selengkapnya lihat di http://www.mozilla.com/en-US/firefox/4.0b4/releasenotes/)

Ada satu bug yang saya temukan di rilis beta ini, yaitu saat menggunakan tema Persona, tombol min, max, dan close di pojok kanan atas tidak muncul. Ketiga tombol tersebut baru muncul saat menggunakan tema default dan meremove tema Persona yang sedang aktif. Sementara hanya itu yang saya temukan. Ya namanya juga masih beta, pasti ada banyak kekurangan, yang tentunya harus diperbaiki di final rilisnya nanti.

Download Firefox 4 beta


Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Firefox, Dipercaya Karena Kecepatannya (beta 4)"

Posting Komentar